BERITA TENTANG DAN SEKITAR PENCAK SILAT
INFORMASI TENTANG DAN SEKITAR PENCAK SILAT, DIKELUARKAN OLEH PENGURUS PUSAT PERSILAT DAN IKATAN PENCAK SILAT INDONESIA

Buku :
Pencak Silat Seni Beladiri Indonesia
Padepokan Pencak Silat Menyediakan Berbagai Fasilitas Mulai dari gelanggang Pertandingan, Penginapan, Gedung serbaguna, Ruang Rapat dan Berbagai Fasilitas Lainnya. Mudah Di Jangkau dan Bebas Kemacetan Jalan Raya Segera Lihat dan Pesan Sekarang

Pembukaan | Persilat | PnPSI | Anggota | Buku & Artikel | Informasi | Forum | Buku Tamu | Serambi Foto | Hubungan | Halaman Inggris

TENTATIVE PERSILAT PROGRAMMES 2007

NO
TIME
PROGRAMMES
PLACE
ORGANIZER
REMARK
1
January 13
Meeting : the founding of PERSILAT
Jakarta
PERSILAT
 
2
February 28-4  March
The International Referee-Jury Course 2007
Jakarta
PERSILAT
 
3
March 8-11
2nd World Junior Pencak Silat Championship,
1st Pre-Junior International Invitation Pencak Silat Championship 2007
Singapore
PERSISI & PERSILAT
 
 
March
Festival Martial Art Bercy
Paris
Karate Bushido
 
4
April 1-18
Delegation PERSILAT visit Netherlands
 
PERSILAT
 
 
April 20-22
Belgian Open PS Championship  
; The 25th Anniversary Pencak Silat in Belgium
Brashchaat
BPSF&EPSF
 
5
May
       
6
June
       
7
July
The International Referee-Jury Upgrading course
   
Date to be confirmed
8
August 19-27
Pencak Silat Word Championship 2007
Jak-Solo
PERSILAT
 
9
September
       
10
October
       
11
November
European PS Championship
Switzerland
EPSF&PERSILAT
Date to be confirmed
12
December
The 24th SEA Games 2007
Thailand
NOC Thailand & PSAT
 
 

 

RAPAT PENDIRI PERSILAT

Dalam rangka pelaksanaan program kerja PERSILAT tahun 2007, PERSILAT telah menyelenggarakan Rapat Negara Pendiri pada tanggal 13 January 2007 bertempat di kantor PERSILAT, Padepokan Pencak SIlat Indonesia.

Rapat dipimpinoleh President PERSILAT Bapak Eddie M Nalapraya didampingi oleh Bapak Rachmat Gobel, Ketua Harian, YAB. Dato Seri Utama Haji Muhamad, Presiden PESAKA merangkap Deputy Preseident PERSILAT, Bapak Abdulah Syafie Mohd. Sidik, Presiden PERSISI merangkap deputy PresidenPERSILAT serta dihadiri oleh utusan dari Negara Pendiri.

dalam rapat tersebut disampaikan juga laporan megenai perjalanan PERSILAT sejak bulan Desmber 2004 s/d bulan Desember 2006 serta membahas mengenai rencana program kerja 2007.

kesimpulan dari rapat diatas adalah para anggota pendiri sepakat untuk terus bekerjasama guna mengembangkan pencak SIlat agar Pencak SIlat dapat dipertandingkan di tingkat Asian Games maupun di Olympic, sejalan dengan misi dan visi PERSILAT. Untuk tingkat asia saat ini sedang diperjuangkan agar Pencak SIlat dapat dpertandingkan pada Asian Indoor Games 2009 di Hanoi, Vietnam dan akan berlanjut pada Asian Games XVI-2010 di Beijing Cina

 

BERITA DARI MALAYSIA

Pada tanggal 3 - 4 Desember 2006, di Negeri Malaysia di Adakan Konvensi Pencak Silat, dengan tema “Konvensyen Silat Kebangsaan 2006 dan Memperkasakan Warisan Silat”, yang berlokasi di Glory Beach Resort, Port Dickson, Negeri Sembilan. Bapak Eddie M Nalapraya, selaku Presiden PERSILAT, Wakil Ketua Harian Rustadi Effendi, dan Sekretaris Umum Haryadi Anwar di undang untuk menghadiri acara tersebut. baca selengkapnya

 

KUNJUNGAN PESILAT VIETNAM

Tanggal 28 November team Pencak Silat Vietnam tiba di Padepokan Pencak Silat, rencananya mereka akan berlatih di Indonesia sampai dengan Tanggal 15 Desember 2006. baca selengkapnya

 

KUNJUNGAN TEAM PENCAK SILAT SINGPURA

Tanggal 2-15 Desember 2006 team Pencak Silat Junior Singapura akan berlatih tanding ke Padepokan Pencak Silat Indonesia.

Kedatangan team Junior singapura ini dalam rangka mempersiapkan bibit-bibit atlit Pencak Silat di usia dini. Dan kebetulan pula di Singapuira pada Bulan Maret tahun 2007 akan diadakan Pencak Silat Junior Championship

 

ACARA SILATURAHIM DENGAN ANAK-ANAK YATIM PIATU

Bertempat di kediaman Bapak Eddie M Napalraya yang sekligus Presiden PERSILAT, di Desa Cipayung Kec. Megamendung Kab. Bogor berkumpul sekitar -+ 100 orang yang terdiri dari anak-anak yayasan yatim Piatu, anak-anak Pencak Silat Paku Bumi, Tim Pencak Silat Vietnam dan beberapa warga yang turut hadir. baca selengkapnya

 

 

BERITA DARI MALAYSIA

Pada tanggal 3 - 4 Desember 2006, di Negeri Malaysia di Adakan Konvensi Pencak Silat, dengan tema “Konvensyen Silat Kebangsaan 2006 dan Memperkasakan Warisan Silat”, yang berlokasi di Glory Beach Resort, Port Dickson, Negeri Sembilan. Bapak Eddie M Nalapraya, selaku Presiden PERSILAT, Wakil Ketua Harian Rustadi Effendi, dan Sekretaris Umum Haryadi Anwar di undang untuk menghadiri acara tersebut.

Konvensi ini di buka oleh Menteri Besar Negeri Sembilan. YAB. Dato Seri Utama Hj. Mohamad bin Haji Hasan dan di tutup oleh Menteri Kebudayaan, Kesenian dan Warisan Malaysia. YB. Datuk Seri Utama Dr. Rais Yatim menggantikan Perdana Menteri YAB. Dato Seri Abdullah Haji Ahmad Badawi yang berhalangan hadir

Acara ini di selenggarakan berkat kerjasama Persekutuan Silat Kebangsaan (PESAKA), Kementrian kebudayaan, Kesenian dan Waarisan (KEKKWA) dan Kerajaan Negeri Sembilan Darul Khusus.

Tujuan Konvensi
Konvensi Pencak Silat Kebangsaan 2006 ini bertujuan
- memasukan PESAKA sebagai Badan yang Sah dan terhormat yang berkaitan dengan ilmu, sejarah dan warisan silat.
- Untuk menindaklanjuti rencana PESAKA dalam perancangan pembangunan serta menjadikan Pencak Silat sebagai modal aspek pembangunan manusia seutuhnya.
- Menempatkan/memposisikan PESAKA sebagai badan bukan kerajaan yang mampu menyumbang dan menyuarakan kepentingan bangsa dalam bidang yang berkaitan.
- Silat disahkan/dikukuhkan sebagai warisan dan seni beladiri resmi Negara.

Menurut keterangan dari Presiden PERSILAT (Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa) yang di undang untuk menghadiri acara tersebut, bahwa Pencak Silat Malaysia akan di sahkan sebagai olahraga resmi yang nantinya akan masuk kurikulum Sekolah dan bernaung di bawah kementrian kebudayaan. Dengan dijadikannya PESAKA sebagai badan resmi di Pemerintahan Malaysia Presiden PERSILAT sangat merasa gembira karena Pencak Silat Di Malaysia selangkah lebih maju di antara anggota pendiri Pencak Silat lainnya seperti Indonesia, Singapura, Brunai Darrusalam, dan Thailand.

Presiden PERSILAT berharap, langkah PESAKA bisa diikuti oleh anggota pendiri lainnya sehingga Pencak Silat akan lebih solid, berkembang dan nantinya mempunyai kurikulum yang sama untuk Pendidikan Budaya dan Olahraga Pencak Silat.

kembali

KUNJUNGAN PESILAT VIETNAM

Tanggal 28 November team Pencak Silat Vietnam tiba di Padepokan Pencak Silat, rencananya mereka akan berlatih di Indonesia sampai dengan Tanggal 15 Desember 2006. baca selengkapnya

maksud kedatangan team Pencak Silat Vietnam adalah berlatih bersama atlit Pencak Silat Indonesia. Pesilat-pesilat Vietnam ini bukan tim inti atau tim nasional melainkan adalah tim Pencak Silat dari Selatan Vietnam atau salah satu provinsi di Negara Vietnam, dengan di jadikannya Bapak Hartono sebagai pelatih mereka, mereka berharap dapat bergabung berssama tim nasional Vietnam.

Bapak Hartono selaku Pelatih team Vietnam dan sekaligus Pimpinan rombongan saat ini dianggap berhasil membawa team Pencak Silat Vietnam ini terbukti dengan jadi juara umum di beberapa event nasional dan Internasional.

Diantaranya adalah ;
Vietnam menjadi juara Umum pada SEA Games XXII tahun 2003 di Hanoi Vietnam dan
SEA Games XXIII tahun 2005 di Cebu, Filipina.

Kesempatan berkunjung ke Indonesia tidak disia-siakan oleh Team Pencak Silat Vietnam untuk berlatih sambil berlibur ke kediaman Presiden PERSILAT Bapak Eddie M Nalapraya di Puncak, Ciapyung Bogor. Selama beberapa hari mereka disana untuk menghirup udara sejuk dan segar sambil berlatih Pencak Silat di arena yang dikelilingi oleh lembah dan pegunungan.
kembali

 

ACARA SILATURAHIM DENGAN ANAK-ANAK YATIM PIATU

Bertempat di kediaman Bapak Eddie M Napalraya yang sekligus Presiden PERSILAT, di Desa Cipayung Kec. Megamendung Kab. Bogor berkumpul sekitar -+ 100 orang yang terdiri dari anak-anak yayasan yatim Piatu, anak-anak Pencak Silat Paku Bumi, Tim Pencak Silat Vietnam dan beberapa warga yang turut hadir.

Tepatnya tanggal 10 Desember 2006, mereka di undang untuk berkumpul mengikuti pengajian bersama dan setelah itu anak yatim piatu dan pencak silat serta masyarakat sekitar makan bersama sambil disuguhi penampilan menarik dan atraktif dari Team Pencak Silat Seni Nasional dari perguruan Pamor DKI dan Pesilat dari Negara Vietnam yang secara kebetulan mereka sedang melakukan latih tanding di Jakarta yang kemudian secara khusus Bapak Eddie mengundang mereka untuk turut hadir dalam acara tersebut.

Acara ini adalah salah satu bentuk kepedulian Bapak Eddie M Nalapraya secara Pribadi dan Keluarga Pencak Silat untuk saling berbagi, Peduli dan Peka terhadap lingkungan, ia berharap dengan adanya silaturhim seperti ini setidaknya anak-anakl tersebut sedikit merasakan kebahagiaan.

Setelah mereka mengikuti acara tersebut dengan antusias para anak yatim , peesilat dan beberapa masyarakat sekitar pulang dengan membawa 1 Dus Indomie untuk masing-masing orang dan beberapa Ampow dari Bapak Eddie, pasangan Suami Istri dari salah satu Staf Bank Mandiri dan tak ketinggalan Bapak Hartono selaku pelatih Pencak Silat Vietnam memberikan santunan yang diserahkan langsung kepada Pengasuh Yatim Piatu tersebut.

kembali

DAFTAR NAMA JUARA GRAND FINAL PANASONIC SIRKUIT PENCAK SILAT 2006

Lihat Berita Sebelumnya >>>