20 Februari 2024

Pembaharuan Terbaru Google Chrome Untuk Tablet Android

Chrome

Update Terbaru Sistem Operasi (OS) Android 12L

 

PERSILAT.org – Google meluncurkan pembaruan (update) Google Chrome untuk tablet Android. Seperti yang kita ketahui, pada Maret lalu, Google meluncurkan metode operasi (OS) Android 12L versi stable untuk perangkat yang punya spesifikasi layar besar.

 

Salah satunya tablet. Ketika peluncuran tersebut, Google berjanji bakal meningkatkan 20 aplikasinya untuk tablet Android, salah satunya ialah aplikasi peramban (browser) Chrome. Dengan update Chrome terupdate pada tablet, Google berharap pengguna merasakan peningkatan dalam hal produktivitas dan multitasking. Update tersebut setidaknya membawa tiga fitur baru. Fitur yang pertama memungkinkan pengguna untuk lebih mudah berpindah dari satu tab ke tab yang lain. Misalnya, ketika seseorang sedang membuka tab browser yang demikian itu banyak, ukuran tab akan mengecil dan pengguna menjadi kesusahan untuk membaca judul dari tab browser terbuka.

 

Tak hanya itu, tab yang terlalu banyak terbuka juga berpotensi tertutup secara tak sengaja. karenak ukuran tab yang kian kecil membikin pengguna kesusahan mengklik tab yang kita tuju. Kini, fitur baru tersebut memungkinkan pengguna untuk menggeser bagian alamat browser ke kanan atau ke kiri, untuk berpindah ke tab lain. Lalu, untuk fitur yang kedua hadir untuk mempermudah pengguna mengamati judul dari tab browser yang telah terbuka. Chrome, dalam hal ini, akan menampakkan kisi-kisi dari tab yang telah anda buka dengan metode menggulirkan layar ke atas.

 

Alih-alih menelusuri semua tab, pengguna bakal lebih mudah menemukan tab yang telah terbuka dalam ukuran yang lebih besar. Sebagaimana hal tersebut terangkum dalam KompasTekno dari blog sah Google, Kamis (20/10/2022).

 

Baca Juga Kabar Terbaru: Berita Rizky Billar KDRT Lesti Kejora

 

Fitur Terbaru Dari Pembaharuan Google Chrome

 

Google Chrome

 

Fitur yang ketika memungkinkan pengguna untuk “menyeret” tautan, gambar, maupun teks. Dari peramban Chrome ke aplikasi lain seperti Gmail, Keep, dan Photos. Sebagai ilustrasi, ketika ada gambar yang berharap anda inginkan atau kirim via Gmail. Pengguna bisa membuka Chrome dan Gmail secara bersamaan dalam satu tampilan, lalu memindahkan gambar tersebut dengan drag and drop ke Gmail. Gambar yang kalian harapkan malahan akan seketika muncul pada Gmail.

 

Fitur lainnya yang dilaporkan bakal seketika hadir ialah fitur yang memungkinkan Chrome mengelompokkan sejumlah tab yang telah dibuka. Fitur ini telah lebih dahulu hadir untuk versi desktop pada 2020 lalu. “Grup tab akan seketika hadir pada Chrome (versi) tablet Android. Anda bisa tetap (secara) teratur mengelompokkan tab berkaitan sehingga bisa lebih fokus pada satu tugas. Tanpa (patut) mengamati tab lain yang terbuka,” tulis Lola Adams selaku Product Manager Chrome.

 

Seperti lansiran KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (21/10/2022), alasan Google melakukan peningkatan pengalaman tablet Android via pembaruan aplikasi dan perangkat lunak, karena sedang bersiap meluncurkan tablet bikinannya sendiri, tablet Pixel tahun depan.